Analisis Distribusi Spasial Dan Kesesuaian Habitat Spesies Tapir Tenuk (Tapirus Indicus) di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Purwati, lndah (2022) Analisis Distribusi Spasial Dan Kesesuaian Habitat Spesies Tapir Tenuk (Tapirus Indicus) di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_INDAH_PURWATI_18136049_5615_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penyusutan hutan yang terjadi di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang menjadi habitat dari berbagai satwa yang dilindungi termasuk didalamnya tapir tenuk menjadi ancaman yang serius. Selain deforestasi adanya fragmentasi hutan dengan dibukanya jalan juga mempengaruhi kuantitas dan kualitas habitat serta mengurangi konektivitas dan penyebaran satwa liar di habitatnya. Dalam strategi konservasi diperlukan identifikasi habitat yang diduduki dan habitat yang dimanfaatkan oleh satwa oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi spasial, sebaran pakan, dan kesesuaian habitat dari tapir tenuk yang dapat bermanfaat dalam upaya konservasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data titik temuan dan jejak dari patrol dan kamera trap, penggunaan lahan, indeks vegetasi, jarak dari jalan, jarak dari sungai, lereng, dan elevasi. Untuk distribusi spasial digunakan metode Kernel Density, sebaran pakan menggunakan analisis vegetasi di plot pemasangan kamera trap dan dilakukan analisis kemerataan dan keanekaragaman, dan kesesuaian habitat menggunakan Maximum Entropy. Hasil penelitian menyimpulkan tapir tersebar hampir diseluruh wilayah IPZ pada titik-titik wilayah tertentu, hanya resort Balai Kencana yang menjadi resort dengan distribusi tapir yang terendah. Faktor yang mempengaruhi distribusi tapir yakni penggunaan lahan hutan primer, lereng landai dan datar ,indeks vegetasi yang rapat, elevasi yang tinggi, dekat dengansungai,dandekatdenganjalan.Dari modelkesesuaian habitat dapat diketahui wilayah yang sangat sesuai bagi tapir tenuk di IPZ Taman Nasional Bukit Barisan Selatan memiliki luas51.086,06 Ha atau51,95% dari luas wilayah IPZ dan habitat tidak sesuai seluas 47.247,64Ha atau 48,05% dari luas wilayah IPZ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
CorrectorTriyatno, TriyatnoUNSPECIFIED
CorrectorYulfa, ArieUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:01
Last Modified: 05 Sep 2023 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46381

Actions (login required)

View Item View Item