Perencanaan Sistem Penyaliran Tambang Batubara dalam Perancangan Main Sump Block B PT. Harmoni Panca Utama Job Site PT Tambang Damai.

Sandrio, Feraldo (2023) Perencanaan Sistem Penyaliran Tambang Batubara dalam Perancangan Main Sump Block B PT. Harmoni Panca Utama Job Site PT Tambang Damai. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_FERALDO_SANDRIO_21137131_1394_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PT Harmoni Panca Utama jobsite Tambang Damai terletak di Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Kutai Timur, Kecamatan Teluk Pandan. Berdasarkan pengamatan dilapangan terlihat adanya catchment area yang luas dan air pada main sump yang meluap serta belum ada rancangan sistem penyaliran tambang yang mendukung kegiatan penambangan untuk bukaan tambang selanjutnya. Sistem penyaliran yang direncanakan pada daerah penambangan batubara PT. Harmoni Panca Utama adalah gabungan antara metode mine drainage dan mine dewatering yaitu upaya untuk mencegah, mengeringkan dan mengeluarkan air yang masuk ke daerah penambangan. Berdasarkan analisis data curah hujan tahun,dengan memperoleh curah hujan rencana sebesar 117.67 mm/hari, dengan tinggi intensitas hujan berbeda-beda pada masing-masing catchment area dengan periode ulang hujan 5 tahun dan resiko hidrologi sebesar 67,23%. Pada rencana sistem penyaliran tambang pada catchment area/daerah tangkapan hujan dengan debit limpasan air permukaan yang masuk ke bukaan tambang sebesar 20.74 m3 /s dan debit air tanah total sebesar 0.001 m3 /s, Pada main sump, terdapat 2 saluran terbuka/open channel berbentuk trapesium. Sistem pemompaan yang dilakukan menggunakan pipa HDPE dan 9 unit pompa merk New Dragflow-01 (PC 500-113). Kolam pengendapan lumpur/settling pond direncanakan 4 kompartemen dengan kapasitas masing masing kompartemen sebesar 1.500 m3 .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHar, RusliUNSPECIFIED
CorrectorRahman, Harizona AuliaUNSPECIFIED
CorrectorBurhamidar, Aulia HidayatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERTAMBANGAN, BATUBARA, CURAH HUJAN
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:57
Last Modified: 04 Sep 2023 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46369

Actions (login required)

View Item View Item