Analisis Kebutuhan Air Irigasi di Daerah Irigasi Sungai Batang Bayang Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan.

Ramadani, Elsa (2023) Analisis Kebutuhan Air Irigasi di Daerah Irigasi Sungai Batang Bayang Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_ELSA_RAMADANI_19062017_1575_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecamatan Bayang Utara adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Luas lahan yang dialiri sungai batang bayang yaitu 360 Ha. Pada tahun 2020 berdasarkan data dari PSDA terjadi penurunan produktivitas pertanian di daerah Kecamatan Bayang Utara, penurunan produktivitas pertanian ini disebabkan oleh jadwal tanam yang kurang tepat serta adanya kerusakan pada saluran irigasi seperti longsor sehingga menyebabkan terhambatnya aliran air ke petak sawah. Maka dari itu diperlukan analisis kebutuhan air irigasi dengan tujuan untuk mengetahui besar kebutuhan air irigasi di Daerah Irigasi Sungai Batang Bayang Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode observasi. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara oservasi dan wawancara, dan data sekunder diperoleh dari dinas terkait. Dalam proyek akhir ini perhitungan kebutuhan air irigasi menggunakan metode perhitungan manual Kriteria Perencanaan 01 (KP-01). Hasil proyek akhir ini menunjukkan kebutuhan air irigasi maksimum terjadi pada bulan Juli periode 2 (15 harian) dengan kebutuhan air sebesar 0,91 mᶟ/dtk, dan kebutuhan air irigasi minimum terjadi pada bulan Juni periode 2 (15 harian) sebesar 0,051 mᶟ/dtk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndayono, TotohUNSPECIFIED
CorrectorMardizal, JonniUNSPECIFIED
CorrectorArbi, YaumalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AIR IRIGASI, IRIGASI SUNGAI, TEKNIK SIPIL
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:05
Last Modified: 04 Sep 2023 01:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46345

Actions (login required)

View Item View Item