Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika.

Yurmansyah, Edo Ari (2023) Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_05_EDO_ARI_YURMANSYAH_19138009_3838_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik yang valid, Praktis dan Efektif yang dapat membatu siswa belajar mandiri dan memahami teori Dasar Listrik dan Elektronika. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang merujuk pada model pengembangan instruksional ADDIE. Tahapan dalam prosedur pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Hasil Penelitian berdasarkan penilaian validator ahli dengan menggunakan teknik statistic Intraclass Correlation Coefficient (ICC). Hasil Validasi materi dengan nilai ukuran tunggal (single measure) sebesar 0.463 dan Nilai ukuran rata-rata (averge measure) sebesar 0.721 dengan kategori Baik (Fair to Good) karena di atas 0.4 dan di bawah 0.75. Hasil validasi Media dengan nilai ukuran tunggal (single measure) Sebesar 0.602 pada kategori Baik (fair to good) dan nilai ukuran rata-rata (average measure) Sebesar 0.82 dengan kategori Sangat Baik (Exelence) Karna nilai di atas 0.75. Berdasarkan hasil validasi materi dan media maka e-modul dikatakan valid dengan Kategori Baik. Hasil Praktikalitas E-Modul Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) berdasarkan respon guru dan siswa sebesar 84% respon siswa dan 83%. Respon guru dengan kategori Sangat Baik sehingga disimpulkan bahwa e-modul Praktis digunakan. Hasil Efektivitas e-modul diuji dengan n-gain score sebesar 0.62 atau sebesar 62% dengan kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas X Teknik Elektronika Industri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEdidas, EdidasUNSPECIFIED
CorrectorHuda, AsrulUNSPECIFIED
CorrectorAhyanuardi, AhyanuardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, DASAR LISTRIK, ELEKTRONIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Sep 2023 09:00
Last Modified: 01 Sep 2023 09:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46331

Actions (login required)

View Item View Item