Efektivitas Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar

Angraini, Sri Fikri (2022) Efektivitas Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_SRI_FIKRI_ANGRAINI_18042063_7131_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Program PAMSIMAS diIndonesia menjadi salah satu upaya Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan salah satu tujuan dari Sustainable Development Goals (SDG's) yaitu Air Bersih dan Sanitasi yang layak. Dalam Pasal 5 Undang• Undang No 7 Tahun 2014 tentang Sumber Daya Ai rmenyatakan bahwa Negara menjamin hak setiap orang untuk mendapatkan air bagi kebutuhan pokok minimal sehari-hari guna memenuhi kehidupan yang sehat, bersih dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program PAMSIMAS di Nagar i Cubadak Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data berupa hasil wawancara yang didukung dengan tinjauan pustaka. Data dikumpulkan melalui wawancara serta dokumentasi yang kemudian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data sumber. Analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan redaksi, penyajian serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program penyediaan air minum dan sanitasi sudah dilaksanakan dalam beberapa bentuk merupa pelaksanaan sosialisasi dan pengelolaan air bersih yang dimulai dengan pembangunan reservoar serta distribusi air bersih dan pemeliharaan saranadan prasarana. Akan tetapi pelaksanaannya belum berjalan dengan efektif sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, hal ini dikarenakan kurangnya antusias partisisipasi dari masyarakat serta kurangnya sumberdaya manusia yang memadai untuk mengelola program membuat program tidak berjalan dengan efektif. Program dapat berjalan dikarenakan faktor pendukung berupa antusiasme masyarakat, sumber air yang memadai, sumber daya peralatan dan sasaran program; faktor penghambat dalam pelaksanaan program yaitu sumber daya manusia, sumber daya alam dan kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusran, RahmadaniUNSPECIFIED
CorrectorEriyanti, FitriUNSPECIFIED
CorrectorYuliarti, YuliartiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:50
Last Modified: 01 Sep 2023 07:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46315

Actions (login required)

View Item View Item