Efektivitas Program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif dalam Jaringan (SKPP Daring) dalam Meningkatkan Pengawasan Partisipatif Masyarakat di Kota Payakumbuh

AriftiHanifah, Puja (2022) Efektivitas Program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif dalam Jaringan (SKPP Daring) dalam Meningkatkan Pengawasan Partisipatif Masyarakat di Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_PUJA_ARIFTI_HANIFAH_18042037_6666_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif Dalam Jaringan (SKPP Daring) dalam Meningkatkan Pengawasan Partisipatif Masyarakat di KotaPayakumbuh.Program SKPP Daring adalah program yang bertujuan untuk melakukan transfer pengetahuan terkait pengawasan pemiludan pilkada serta merupakan salah satu upaya Bawaslu dalam meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas menurut Campbell (dalam Utami & Frinaldi, 2021: 24) dan menggunakan metode kualitatif deskriptif.Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pengumpulan data digunakan instrumen penelitian berupa wawancara dengan beberapa informan, dan studi dokumentasi untuk dokumen dalam penelitian. Uji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif Dalam Jaringan (SKPP Daring) dalam Meningkatkan Pengawasan Partisipatif Masyarakatdi Kota Payakumbuh belum efektif. Hal ini dikarenakan masih terdapat indikator efektivitas yang belum maksimal terjalankan dalam pelaksanaan program SKPP Daring yaitu pada indikator pencapaian tujuan menyeluruh. Adapun kendala dalam Efektivitas Program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif Dalam Jaringan (SKPP Daring) di Kota Payakumbuh adalah kendala jaringan signal, adaptasi penggunaan teknologi, perbedaan interpretasi terhadap pelaksanaan program, serta kurangnya kesadaran masyarakat awam untuk mengakses informasi terkait program sehingga menghambat pencapaian tujuan program tersebut. Agar seluruh tujuan program dapat tercapai, Bawaslu Kota Payakumbuh berupaya untuk menindak lanjuti kader-kader yang telah terbentuk sehingga tujuan pembentukan pusat pendidikan pengawasan pemilu dan pilkada yang berkesinambungan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Nora EkaUNSPECIFIED
CorrectorFrinaldi, AldriUNSPECIFIED
CorrectorMubarak, AdilUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:09
Last Modified: 31 Aug 2023 08:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46274

Actions (login required)

View Item View Item