Pengaruh Budaya Kerja Sadar Wisata Terhadap Kepuasaan Pengunjung Pada Wisata Hutan Kota Dan Taman Satwa di Kabupaten Pasaman Barat

Nengsih, Andi Riska Wahyu (2022) Pengaruh Budaya Kerja Sadar Wisata Terhadap Kepuasaan Pengunjung Pada Wisata Hutan Kota Dan Taman Satwa di Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ANDI_RISKA_WAHYU_NENGSIH_17042005_4566_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Hutan kota dan taman satwa selain sebagai paru-paru kehidupan juga dapat difungsikan sebagai penambah pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata. Penelitian dimaksudkan menganalisis pengaruh budaya kerja sadar wisata terhadap kepuasan pengunjung pada wisata hutan kota dan taman satwa di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Permasalahan mengenai kepuasaan pengunjung terjadi dikarenakan fasilitas dan kinerja pelayanan disuguhkan belum sesuai harapan. Kepuasaan pengunjung dipengaruhi oleh budaya kerja sadar wisata dari pihak pengelola setempat belum bersih dan tertib. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, populasi dalam penelitian adalah pengunjung diobjek wisata. Pengambilan sampel penelitian menggunakan rumus slovin dengan tingkat error 10% dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dibagikan kepada responden dengan Skala Likert yangtelah diuji coba terlebih dahulu pada objek wisata pantai sasak sebanyak 30 responden. Analisis penelitian menggunakan regresi berganda dengan pengujian hipotesis asosiatif.Hasiluji korelasi ganda diperoleh bahwa sub variabel budaya kerja sadar wisata secara bersama-sama atau secara simultan berhubungan dengan variabel kepuasan pengunjung dengan nilai sig.F change0,000 < 0,05, tingkat keeratan dilihat dari nilai R (koefesien korelasi) sebesar0,793 sehingga diperoleh kriteria kekuatan hubungan antara sub variabel budaya kerja sadar wisata dengan kepuasan pengunjung mempunyai hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFrinaldi, AldriUNSPECIFIED
CorrectorMalau, HasbullahUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Nora EkaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:00
Last Modified: 31 Aug 2023 04:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46246

Actions (login required)

View Item View Item