Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Inshot pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Wulandari, Nur Fitri (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Inshot pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_NUR_FITRI_WULANDARI_18053034_509_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media video pembelajaran ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa, media pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pada mata pelajaran ekonomi kelas XI serta mengetahui kualitas kevalidan dan praktikalitas dari produk yang dikembangkan sehingga layak digunakan. jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan 4-D. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Development, (4) Disseminate. Uji validitas produk dilakukan oleh 4 validator yaitu 1 orang validator ahli evaluasi instrumen, 1 orang validator media dan 2 orang validator materi serta pada uji praktikalitas dilakukan kepada 26 orang siswa kelas XI IPS 3 dan satu orang guru mata pelajaran ekonomi di SMA Pembangunan laboratorium UNP. pengembangan media video pembelajaran menggunakan aplikasi inshot pada mata pelajaran ekonomi di SMA Pembangunan laboratorium UNP telah dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video. produk ini telah melalui tahap validasi, berdasarkan hasil validasi media yang dilakukan oleh salah satu pakar media yakni dosen pendidik teknologi pendidikan fakultas ilmu pendidikan UNP media sudah dikategorikan "valid" dengan persentase 80%. Sedangkan hasil validasi dari dua ahli materi yaitu satu dosen pendidikan ekonomi dan satu guru mata pelajaran ekonomi di SMA Pembangunan laboratorium UNP diperoleh hasil akhir validasi dari ahli materi sudah dikategorikan "sangat valid" dengan presentasi 97,5% . Selanjutnya pada hasil uji coba praktikkalitas yang dilakukan oleh 26 siswa dan salah satu guru mata pelajaran diperoleh pada praktikalitas siswa 92,3% kategori "sangat praktis" dan hasil uji coba praktikkalitas guru 93,3% kategori "sangat praktis". Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran menggunakan aplikasi inshot pada mata pelajaran ekonomi dinyatakan valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyofia, RaniUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorYulhendri, YulhendriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:59
Last Modified: 31 Aug 2023 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46245

Actions (login required)

View Item View Item