Wulandari, Nur Fitri
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran
Menggunakan Aplikasi Inshot pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA
Pembangunan Laboratorium UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan media video pembelajaran ini dilakukan sebagai upaya dalam
memecahkan masalah belajar siswa, media pembelajaran ini dapat dijadikan
alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran. penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan produk pada mata pelajaran ekonomi kelas XI serta
mengetahui kualitas kevalidan dan praktikalitas dari produk yang dikembangkan
sehingga layak digunakan.
jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah
Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan 4-D.
Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu:
(1) Define, (2) Design, (3) Development, (4) Disseminate. Uji validitas produk
dilakukan oleh 4 validator yaitu 1 orang validator ahli evaluasi instrumen, 1 orang
validator media dan 2 orang validator materi serta pada uji praktikalitas dilakukan
kepada 26 orang siswa kelas XI IPS 3 dan satu orang guru mata pelajaran ekonomi
di SMA Pembangunan laboratorium UNP.
pengembangan media video pembelajaran menggunakan aplikasi inshot pada mata
pelajaran ekonomi di SMA Pembangunan laboratorium UNP telah dilakukan sesuai
dengan prosedur pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran dalam
bentuk video. produk ini telah melalui tahap validasi, berdasarkan hasil validasi
media yang dilakukan oleh salah satu pakar media yakni dosen pendidik teknologi
pendidikan fakultas ilmu pendidikan UNP media sudah dikategorikan "valid"
dengan persentase 80%. Sedangkan hasil validasi dari dua ahli materi yaitu satu
dosen pendidikan ekonomi dan satu guru mata pelajaran ekonomi di SMA
Pembangunan laboratorium UNP diperoleh hasil akhir validasi dari ahli materi
sudah dikategorikan "sangat valid" dengan presentasi 97,5% . Selanjutnya pada
hasil uji coba praktikkalitas yang dilakukan oleh 26 siswa dan salah satu guru mata
pelajaran diperoleh pada praktikalitas siswa 92,3% kategori "sangat praktis" dan
hasil uji coba praktikkalitas guru 93,3% kategori "sangat praktis". Berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran menggunakan
aplikasi inshot pada mata pelajaran ekonomi dinyatakan valid dan praktis
Actions (login required)
|
View Item |