Internalisasi Karakter Baik Pembelajaran 2 Muatan Lokal Aksara Incun: Studi Kasus Kelas 9 B SMP Negeri 4 Kota Sungai Penuh

Sari, WellaYulia (2022) Internalisasi Karakter Baik Pembelajaran 2 Muatan Lokal Aksara Incun: Studi Kasus Kelas 9 B SMP Negeri 4 Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_WELLA_YULIA_SARI_18058128_7670_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada proses pembentukan nilai karakter baik melalui penanaman nilai yang disebut intemalisasi pada siswa kelas 9 B SMP N egeri 4 Kota Sungai Penuh, pada dasamya nilai karakter yang sesuai dengan satuan pendidikan ada 18 nilai yang telah ditentukan oleh Kemendiknas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis proses intemalisasi karakter baik pembelajaran muatan lokal aksara Incung di SMP Negeri 4 Sungai Penuh. Penelitian ini berlandaskan teori sehingga mendukung penelitian ini maka digunakan teori Lickona dari Thomas Lickona. Teori ini membahas tentang pendidikan karakter, pendidikan karakter adalah usaha untuk membentuk seseorang memahami nilai-nilai etika secara sengaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan karakter baik siswa maka ditarik kesimpulan nilai karakter baik yang di peroleh siswa dalam pelajaran muatan lokal aksara Incung kelas 9B di SMP Negeri 4 Kata Sungai Penuh. Proses internalisasi karakter baik pembelajaran muatan lokal Aksara Incung di SMP N egeri 4 Sungai Penuh terfokus pada satu nilai karakter baik yaitu nilai karakter tanggung jawab yang terbagi menjadi dua aspek yaitu tanggung jawab pribadi dan tanggung jawab sosial proses intemalisasi berlangsung dengan cara 2 tahapan yang meliputi tahapan penanaman nilai kepada diri seseorang dan proses penguatan sesuatu yang telah ada pada diri seseorang atau disebut juga proses disentralisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdanengsih, WirdanengsihUNSPECIFIED
CorrectorAmri, EmizalUNSPECIFIED
CorrectorFitriani, ErdaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:54
Last Modified: 30 Aug 2023 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46234

Actions (login required)

View Item View Item