Handayani, Widya
(2023)
Penggunaan Strategi Pembelajaran Outdoor untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menggambar Model Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan motivasi belajar menggambar model siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sutera dengan menggunakan strategi pembelajaran outdoor. 2) Meningkatkan hasil belajar menggambar model siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sutera dengan menggunakan strategi pembelajaran outdoor.
Jenis penelitian dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Class room action research). Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sutera. Prosedur penelitian ini berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi angket dan tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi siswa, lembar observasi guru, lembar angket motivasi siswa, tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan setelah penggunaan strategi pembelajaran outdoor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan rata-rata skor pada prasiklus 46% menjadi 52% pada siklus I. Peningkatan motivasi pada siklus II dengan rata-rata skor 81%. 2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah penggunaan strategi pembelajaran outdoor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan persentase siswa yang tuntas pada prasiklus 42% pada siklus I persentase siswa yang tuntas 75%. Kemampuan siswa terus menunjukkan peningkatan pada siklus II dengan persentase siswa yang tuntas 97%. Berdasarkan hasil temuan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran outdoor dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sutera.
Actions (login required)
|
View Item |