Pengaruh Gender Diversity dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen dengan Kebijakan Hutang sebagai Variabel Intervening

Miftahurrahmah, Miftahurrahmah (2023) Pengaruh Gender Diversity dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen dengan Kebijakan Hutang sebagai Variabel Intervening. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_MIFTAHURRAHMAH_17059053_2534_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) gender diversity, (2) kesempatan investasi terhadap kebijakan dividen dan kebijakan hutang sebagai variabel intervening pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan dan umur perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 244 sampel perusahaantahun. Namun sampel akhir penelitian ini adalah 199 sampel karena adanya data outliers. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari IDX, laporan keuangan yang dipublikasikan, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur menggunakan program IBM SPSS AMOS 22.0. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa gender diversity dengan keberadaan wanita di dewan direksi (PDW) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR) dan kebijakan hutang (DER). Sedangkan kesempatan investasi (MBVE) berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR) dan berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan hutang (DER). Untuk kebijakan hutang (DER) berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR). Kebijakan hutang (DER) mampu memediasi hubungan gender diversity dengan kebijakan dividen (DPR), namun tidak mampu memediasi hubungan kesempatan investasi (MBVE) terhadap kebijakan dividen (DPR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasdupi, ErniUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, RosyeniUNSPECIFIED
CorrectorZulfia, YolandafitriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:23
Last Modified: 30 Aug 2023 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46220

Actions (login required)

View Item View Item