Hambatan Interaksi Ssosial Mahasiswa Terindikasi Fear of Missing Out (FoMO) (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang)

Sulastri, Sulastri (2022) Hambatan Interaksi Ssosial Mahasiswa Terindikasi Fear of Missing Out (FoMO) (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_SULASTRI_18058249_4853_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian mengkaji tentang hambatan interaksi sosial mahasiswa terindikasi FoMO, latar belakang penelitian ini bermula dari mahasiswa FIS UNP yang kecanduan terhadap media sosial dan ingin selalu terhubung dengan media sosial nya, atau yang sering disebut dengan fear ofmissingout (FoMO) adalah rasa ketakutan akan ketinggalan hal-hal yang menarik disosial media dan timbulnya perasaan takut jika dianggap tidak eksis atau uptodate. Dengan adanya FoMO ini tentu interaksi sosial secara langsung akan menurun dan akan menimbulkan hambatan pada saat berinteraksi sosial, maka tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan penyebab terjadinya hambatan interak sisosial mahasiswa terindikasi FoMO dengan studi kasus mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian adalah teorihy perreality theory (Jean Baudrillard). Teor iini membahas komunikasi massa yang mengatakan bahwa hiperealitas menciptakan satu kondisi yang didalamnya kepalsuan berbaur dengan keaslian, masa lalu berbaur dengan masa kini, fakta bersimpang siur dengan rekayasa, tanda melebur menjadirealitas, dan dusta bersenyawa dengan kebenaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus intrinsik. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah sebanyak 19 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data,dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya masalah pada interaksi sosial sehingga Menimbulkan penyebab terjadinya hambatan pada saat berinteraksi sosial di lingkungan sosial, diantaranya, memiliki prasangka dunia maya lebih indah dari lingkungan sosial ,lebih memiliki motivasi memperlihatkan eksistensi diri di dunia maya, memiliki kemampuan lebih baik dalam berbahasa secara tulisan, memperoleh pengakuan diri didunia maya dibanding lingkungan sosial, suka kesemuan, kurangnya kontrol terhadap diri, adanya rasa perasaan takutk etika tertinggal berita uptodate di media sosial, dana dan yarasa bahwa interaksi sosial sudah terpenuhi dari media sosial. Dari penjelasan tersebut maka secara keseluruhan peneliti menemukanpenyebab terjadinya hambatan interaksi sosial mahasiswa terindikasi FoMOdi FISUNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSylvya, IkeUNSPECIFIED
CorrectorSusilawati, NoraUNSPECIFIED
CorrectorNora, DesriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:20
Last Modified: 30 Aug 2023 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46219

Actions (login required)

View Item View Item