Salam, Nuraini
(2022)
Penerapan Power Point Interaktif Guna Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 4 SMA Pertiwi 1 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini mcngenai penerapan media pembelajaran yang berbasisi power point interaktif guna meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pernbelajaran sosiologi yang dilakukan pada peserta didi kelas XI IPS4 SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini berangkat dari permasalah dimana rendahnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran sosiologi, keaktifan bertujuan untuk mengoptimalkan pemahaman yang dirniliki peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Pertiwi 1 Padang, penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dari Stepgan Kemmis dan Robbin MC Taggart, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan Dokumentasi.
Dari penelitian ini hasil menunjukkan bahwa dengan penerapan power point interaktif dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS 4 di SMA Pertiwi 1 Padang mempu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran sosiologi, hal ini dilihat dari hasil observasi keaktifan siklus I yaitu sebesar 53,01 % dan siklus II sebesar 78,29 %, hasil penelitian ini mengkategorikan keaktifan peserta didik keals XI IPS 4 SMA pertiwi 1Padang dengan penerapan power point interaktif dikatakan tinggi.
Actions (login required)
|
View Item |