Penerapan Metode HIRARC dalam Menganalisis Risiko Bahaya dan Upaya Pengendalian Kecelakaan Kerja di Area Crusher dan Belt Conveyor PT. Semen Padang.

Aprilla, Bianda F (2023) Penerapan Metode HIRARC dalam Menganalisis Risiko Bahaya dan Upaya Pengendalian Kecelakaan Kerja di Area Crusher dan Belt Conveyor PT. Semen Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_BIANDA F_ APRILLA_15137050_1319_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Semen Padang merupakan industri pertambangan yang berhubungan erat dengan aktivitas pekerjanya di lapangan. Dimana setiap jenis pekerjaan penambangan memiliki potensi dan faktor bahaya dengan berbagai risiko yang menyebabkan kecelakaan kerja terutama pada area crusher dan belt conveyor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko bahaya yang ditemukan, menganalisis tingkat keparahan dari setiap risiko bahaya dan kategori risikonya, dan menerapkan metode HIRARC dalam pengendalian risiko bahaya yang ditemukan pada area crusher dan belt conveyor PT. Semen Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang menggunakan analisis risiko bahaya berupa likelihood dan consequence, serta analisis risk matrix (matriks risiko) dan metode HIRARC untuk menentukan pengendalian bahaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ditemukan 12 jenis risiko bahaya pada area crusher dan 8 risiko bahaya pada area belt conveyor PT. Semen Padang dari tahun 2018 sampai 2021 dengan tingkat keparahan risiko bahaya 60% kategori medium, 25% kategori high, dan 15% kategori low. Sedangkan metode HIRARC yang diterapkan dalam pengendalian risiko tersebut meliputi: Eliminasi, Subsitusi, rekayasa Engineering, Administrasi, dan APD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorFadhilah, FadhilahUNSPECIFIED
CorrectorMaiyudi, RikoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KECELAKAAN KERJA, PENGENDALIAN BAHAYA, MATRIKS RISIKO
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:10
Last Modified: 30 Aug 2023 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46212

Actions (login required)

View Item View Item