Masalah Umum Mahasiswa dalam Berbicara dan Strategi Pembelajaran yang Mereka Gunakan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Presentasi Kelas: Studi pada Mahasiswa Semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan

Hakim, Ilham (2023) Masalah Umum Mahasiswa dalam Berbicara dan Strategi Pembelajaran yang Mereka Gunakan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Presentasi Kelas: Studi pada Mahasiswa Semester IV Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Padangsidimpuan. Masters thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_02_ILHAM_HAKIM_19178019_1648_2023 (21 Feb).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berbicara bahasa inggris yang rendah membuat mahasiswa tidak maksimal dalam menyampaikan materi pembelajaran dalam presentasi kelas. Peran bahasa inggris sebagai bahasa asing menjadi salah satu alasan untuk tidak lancar dalam berbicara bahasa inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah umum berbicara mahasiswa dan strategi pembelajaran yang mereka gunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka dalam presentasi kelas di IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Partisipan dari penelitian ini yaitu mahasiswa semester IV jurusan bahasa inggris IAIN Padangsidimpuan tahun ajaran 2019/2020, yang terdiri dari 85 mahasiswa yang di bagi kedalam kelas TBI-1, TBI-2 dan TBI-3. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan memilih kelas TBI-1 sebagai sampel dengan total mahasiswa sebanyak 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masalah umum berbicara mahasiswa adalah masalah non-linguistik. Masalah tersebut terdiri dari: inhibition, nothing to say, low or uneven participation, and mother tongue use. Disamping itu, masalah linguistik juga masih terjadi tetapi dengan kategori permasalahn yang rendah. Kemudian mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara, mereka menggunakan berbagai strategi pembelajaran dengan frekuensi yang berbeda. Strategi pembelajaran yang paling sering digunakan mahasiswa adalah strategi pembelajaran Indirect Strategy, yaitu metacognitive strategy, affective strategy dan social strategy. Oleh karena itu, dengan menerapkan berbagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kemampuan berbicara mahasiswa dalam bahasa inggris, kemampuan mereka diharapkan dapat terus meningkat

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmri, ZulUNSPECIFIED
CorrectorHamzah, HamzahUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, DesvaliniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Masalah, Presentasi Kelas
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:53
Last Modified: 30 Aug 2023 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46203

Actions (login required)

View Item View Item