Pengaruh Konsentrasi Kitosan dan Sorbitol Terhadap Waktu Degradasi Plastik Organik dari Pati Limbah Kulit Kentang di Lingkungan

Mutliq, Syafika Rasi (2023) Pengaruh Konsentrasi Kitosan dan Sorbitol Terhadap Waktu Degradasi Plastik Organik dari Pati Limbah Kulit Kentang di Lingkungan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SYAFIKA_RASI_MUTLIQ_18034143_766_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penggunaan plastik sintetis yang terus meningkat setiap tahunnya dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Cara alternatif yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak buruk bagi lingkungan akibat penggunaan plastik sintetis adalah dengan membuat plastik dari bahan alami atau organik agar mudah terurai secara alami di lingkungan dengan cepat. Plastik organik merupakan plastik biopolimer berbahan dasar pati yang mudah terurai oleh mikroorganisme sehingga dapat menjadi alternatif pengganti plastik komersial. Pati kulit kentang berpotensi sebagai bahan baku pembuatan bioplastik dengan penambahan kitosan dan sorbitol sebagai plastisizer. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi kitosan dan sorbitol terhadap waktu degradasi plastik di lingkungan dan kualitas plastik yang dihasilkan dari pati limbah kulit kentang. Penentuan waktu degradasi dan kualitas plastik organik didasarkan pada hasil pengujian biodegradasi, uji kuat tarik, dan uji elongasi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahapan yaitu pada tahap pertama dengan memvariasikan konsentrasi kitosan sebanyak 40%, 60%, 80% w/w pati dengan penambahan konsentrasi sorbitol 60% v/w pati, dan pada tahap kedua dengan memvariasikan konsentrasi kitosan sebanyak 40%, 60%, 80% w/w pati dengan penambahan konsentrasi sorbitol 80% v/w pati. Hasil penelitian menunjukan penambahan variasi konsentrasi kitosan dan sorbitol berpengaruh secara signifikan terhadap waktu degradasi plastik organik dari pati kulit kentang di lingkungan dan menghasilkan kualitas plastik yang bagus. Hasil karakteristik optimum yang memenuhi SNI untuk plastik organik yaitu pada penambahan konsentrasi kitosan 80% w/w pati dan penambahan konsentrasi sorbitol 60% v/w pati dengan hasil uji kuat tarik yaitu 15,10 Mpa, persen elongasi 13,39% dengan waktu degradasi plastik di lingkungan 3 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, RahmatUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:49
Last Modified: 30 Aug 2023 00:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46201

Actions (login required)

View Item View Item