Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik SMA Materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner

Kemara, Nabila Indah (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik SMA Materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_NABILA_INDAH_KEMARA_18033049_2223_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Permasalahan yang dihadapi dalam pendidikan adalah kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang masih rendah. Hal ini berdampak terhadap hasil belajar peserta didik. Peserta didik memiliki kemampuan yang rendah dalam menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan high order thinking. Solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik adalah menerapkan model pembelajaran generatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik SMA materi gelombang berjalan dan geombang stasioner. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA yang ada di SMAN 1 Payakumbuh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dan XI IPA 5. Instrumen yang digunakan adalah instrumen kemampuan berpikir kreatif yang diadopsi dari torrance test of creative thinking. Analisis data dilakukan dengan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas yang menerapkan model pembelaajaran generatif dan kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas yang menerapkan model pembelajaran generatif adalah 82 dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri adalah 75. Berdasarkan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh ttabel adalah 1,99 dan thitung adalah 2,78. Syarat H0 ditolak adalah jika . Nilai thitung berada dalam penolakan H0, sehingga H1 diterima. Hal ini menunjukkan model pembelajaran generatif berpengaruh postif terhadap jemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:49
Last Modified: 30 Aug 2023 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46199

Actions (login required)

View Item View Item