Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Instrumen Tes Esai Materi Laju Reaksi Kelas XI SMAN 1 Payakumbuh

Yusar, Tiania Riziella (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Instrumen Tes Esai Materi Laju Reaksi Kelas XI SMAN 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_TIANIA_RIZIELLA_YUSAR_18035081_1082_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ilmu kimia merupakan salah satu ilmu yang dianggap sulit bagi sebagian siswa pada umumnya. Sulitnya ilmu kimia dikarenakan konsep pada ilmu kimia banyak yang bersifat kompleks dan abstrak. Laju Reaksi merupakan salah satu materi kimia dengan konsep yang abstrak dan kompleks. Siswa melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga menyebabkan belum opimalnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase keterampilan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi kelas XI SMAN 1 Payakumbuh. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel diambil secara acak yaitu random sampling pada kelas XI MIPA 1 sebanyak 33 sampel. Instrumen yang digunakan berupa tes esai. Soal yang diberikan mencakup indicator keterampilan berpikir Ennis dengan teknik analisis data deskriptif persentase serta pengolahan data dengan Microsoft Excel. Hasil penelitian menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa teridentifikasi disetiap konsep pada materi laju reaksi dengan persentase tertinggi 70,91% terdapat pada indikator bertanya dan menjawab pertanyaan dan persentase terendah 2,59% terdapat pada indikator mengobservasi dan mempertimbangkan laporan observasi. Keterampilan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi dengan persentase 40,32% termasuk ke dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:49
Last Modified: 30 Aug 2023 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46198

Actions (login required)

View Item View Item