Makna Tadisi Mombasuoh Kaki Bagi Masyarakat dalam Upacara Perkawinan di Jorong Lubuk Gadang Nagari Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

Islami, Nur (2022) Makna Tadisi Mombasuoh Kaki Bagi Masyarakat dalam Upacara Perkawinan di Jorong Lubuk Gadang Nagari Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_NUR_ISLAMI_18058033_5226_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tradisi mombasuoh kaki merupakan tradisi yang biasa dilakukan kedua mempelai dalam upacara perkawinan. Tradisi mombasuoh kaki inis elalu dilaksanakan oleh masyarakat Lubuk Gadang, dengan serangkaian proses pelaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan tradisi mombasuoh kaki, menganalisis makna dari tradisi mombasuoh kaki dan apa alasan masyarakat Lubuk Gadang mempertahankan tradisi mombasuoh kaki ini. Penelitian ini dianalisis dengan teori interpretivisme simbolik oleh Clifford Geertz .Kebudayaan meurut Geertz merupakan jaringan dari simbol-simbol yang memiliki makna bagi masyarakat. Makna dari simbol-simbol ditafsirkan masyarakat dari setiap kegiatan atau praktek yang mereka laksanakan. Simbol• simbol yang terdapat pada proses tradisi mombasuoh kaki kemudian dimaknai oleh masyarakat dan pemaknaan simbol digunakan sebagai kontrolsosial masyarakat. Penelitian dilakukan dengan menerapkan pendekatan kualitatif dengan tipe etnografi. Informan dipilih dengan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan studi dokumen. Teknik analisis data mengacu pada teknik analisisetnografi yang dikembangkan oleh CliffordGeertz yaitu;(1) hermeneutik data;(2) menginterpretasikan data; (3) interpretatif direpresentasikan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tradisi mombasuoh kaki ini sebagai legitimasi terhadap perkawinan, yang mana dalam tradisi mombasuoh kaki ini mempunyai simbol, mulai dari menyiramkan air kelapa kekaki mempelai, menyiramkan air santan kekaki mempelai dan menyiramkan air bersih kekaki mempelai. Simbol• simbol yang terdapat dalam prosestra disi mombasuoh kaki kemudian dimaknai oleh masyarakat sebagai: (1) simbo lkebanggaan bagi masyarakat dan orangtua; (2)simbol adan y arestudariorangtua;(3) simbol mereka sudah resmi sebagai pasangan suami istri menuruta gamadan ada itistiadat Jorang Lubuk Gadang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorFebrianto, AdriUNSPECIFIED
CorrectorWirdanengsih, WirdanengsihUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:47
Last Modified: 30 Aug 2023 00:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46197

Actions (login required)

View Item View Item