Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PjBL (Science, Technology, Engineerinng, Art, and Mathematics-Project Based Learning) pada Materi LajuReaksi Laju Reaksi untuk kelas XI SMA

Kania, Rola Rias (2023) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PjBL (Science, Technology, Engineerinng, Art, and Mathematics-Project Based Learning) pada Materi LajuReaksi Laju Reaksi untuk kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ROLA_RIAS_KANIA_18035051_753_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini telah dihasilkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) terintegrasi STEAM-PjBL (Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematics-Project Based Learning) pada materi Laju Reaksi. Hasil pengembangan bahan ajar yang telah dirancang dilakukan pengujian validitas dan praktikalitas untuk terpenuhi syarat suatu LKPD. Penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yaitu penelitian dan pengembangan, dengan model 4-D. Model 4-D ini memiliki tahapan yang terdiri atas tahap (1) define, (2) design, (3) develop dan (4) disseminate. Tahapan pengembangan ini hanya dilaksanakan hingga tahap develop. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validasi terdiri dari angket validasi isi dan konstruk serta angket praktikalitas. Validasi dilakukan oleh validator, dimana berasal dari dosen kimia FMIPA UNP sebanyak 3 orang dan 2 orang guru kimia SMA. Pengujian praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia SMA dan peserta didik kelas XI dari SMAN 13 Padang. Pengujian terhadap LKPD ini akan dihasilkan data yang akan dianalisis menggunakan formula Aiken’s V. Berdasarkan hasil analisis dapat diikhtisarkan bahwa LKPD terhasil merupakan produk bahan ajar yang dikatagorikan valid didasari oleh nilai V sebesar 0,86. Pengujian praktikalitas diperoleh hasil data berupa nila NP dari guru dan peserta didik sejumlah 0,84 dan 0,86 yang mana hal ini dikategorikan pada kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorAini, SyamsiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:43
Last Modified: 30 Aug 2023 07:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46194

Actions (login required)

View Item View Item