Pengembangan E-modul Ikatan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA

Fahma, Ike Wahyuni (2023) Pengembangan E-modul Ikatan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_IKE_WAHYUNI_FAHMA_16035063_842_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ikatan kimia merupakan materi yang memiliki pengetahuan konseptual, faktual, dan prosedural yang harus dipahami oleh peserta didik. Proses pembelajaran berlangsung aktif disokong dengan adanya bahan ajar. Bahan ajar yang berkualitas mampu mengoptimalkan motivasi belajar peserta didik. Bahan ajar yang baik disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Dalam memenuhi kebutuhan peserta didik untuk memahami materi ikatan kimia, maka dikembangkanlah e-modul ikatan kimia berbasis guided discovery learning yang valid. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan serta menganalisis validitas e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian educational design research menggunakan model Plomp. E-modul ini sudah dinilai oleh 7 validator, dimana 7 validator tersebut berasal dari 3 Guru SMA Negeri 2 Pasaman serta 4 Dosen Kimia FMIPA UNP. Penilaian validator menggunakan skala aiken’s V. Penilaian validator meliputi, komponen isi dengan rata-rata 0,85, komponen kebahasaan 0,87, komponen penyajian sebesar 0,88, komponen kegrafikaan sebesar 0,84 dan komponen pemrograman sebesar 0,85. Rata-rata dari keseluruhan komponen menjadi sebesar 0,86. Sehingga kesimpulan yang dapat diterangkan dari pengembangan ini e-modul ikatan kimia berbasis guided discovery learning dinyatakan sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
CorrectorNasra, EdiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:43
Last Modified: 30 Aug 2023 00:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46191

Actions (login required)

View Item View Item