Pengembangan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaan KIT Praktikum Fisika Pada Materi Elastisitas Bahan

Utami, Anisa Puspa (2023) Pengembangan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaan KIT Praktikum Fisika Pada Materi Elastisitas Bahan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ANISA_PUSPA_UTAMI_18033125_993_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan pilar yang penting dalam membangun suatu negara berkualitas. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah perbaikan kurikulum sesuai perkembangan zaman. Pendidikan pada era revolusi industri 4.0 tidak cukup hanya dengan literasi baca tulis dan numerisasi. Salah satu dari 16 kecakapan hidup yang harus dimiliki siswa pada era revolusi industri ini adalah literasi saintifik. Namun pada kenyataannya, LKS yang menunjang kegiatan literasi saintifik dalam proses pembelajaran masih tergolong jarang dan tidak menunjang adanya kegiatan praktikum. KIT praktikum yang tersedia juga tidak digunakan karena tidak adanya kegiatan praktikum dalam pembelajaran. Salah satu solusi dari permasalahan yang diungkapkan adalah mengembangkan LKS terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika pada materi elastisitas bahan. Tujuan penelitian adalah untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari penggunaan LKS terintegrasi literasi saintifik yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono. Objek penelitian adalah LKS yang terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika pada materi elastisitas bahan kelas XI SMA. Penelitian dibatasi sampai tahap uji coba produk dengan skala terbatas. Instrumen validasi diisi oleh 3 orang tenaga ahli dengan menilai komponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan. Instrumen uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa dengan menilai komponen kemudahan penggunaan, daya tarik, kejelasan, dan manfaat. Adapun uji efektivitas dilakukan dengan melihat pengaruh penggunaan LKS terintegrasi literasi saintifik terhadap siswa. Pengaruh ini dapat dilihat dengan membandingkan nilai pretest dan posttest siswa dalam penggunaan LKS. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat ditarik 3 kesimpulan. Pertama, LKS terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika pada materi elastisitas bahan adalah sangat valid dengan nilai validitas 0,85. Kedua, nilai kepraktisan LKS terintegrasi literasi saintifik yang diperoleh dari guru sebesar 94% dengan kategori sangat praktis. Adapun nilai kepraktisan oleh siswa diperoleh nilai 92% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, penggunaan LKS terintegrasi literasi saintifik efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:42
Last Modified: 30 Aug 2023 00:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46190

Actions (login required)

View Item View Item