Pembuatan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaan KIT Praktikum Fisika pada Materi Fluida Dinamis

Ningsi, Allin Wel (2023) Pembuatan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Penggunaan KIT Praktikum Fisika pada Materi Fluida Dinamis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ALLIN_WEL_NINGSI_18033123_1412_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penggunaan sarana dan prasarana sekolah belum digunakan secara maksimal. Salah satu kendala yang terjadi yaitu jarang menggunakan KIT praktikum dalam kegiatan pembelajaran karena guru mengalami kurangnya waktu dalam mengembangkan LKS praktikum menggunakan KIT praktikum. Kurikulum 2013 revisi 2017 mengedepankan literasi dalam proses pembelajran. Namun, literasi yang diterapkan hanya literasi baca, tulis dan numerasi belum menerapkan literasi saintifik. Penerapan ini dapat dilakukan dengan LKS terintegrasi literasi saintifik yang dilengkapi dengan KIT praktikum yang tersedia di sekolah pada materi fluida dinamis. Peneliti bertujuan untuk menghasilkan LKS terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika pada materi fluida dinamis yang valid dan praktis untuk siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg & Gall dalam buku Sugiyono yang terdiri dari langkah-langkah yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain dan (6) Uji coba produk. Instrumen pengumpulan data awal yang digunakan yaitu penyebaran lembar angket dan wawancara yang dilakukan oleh guru dan siswa. Uji validitas yang dilakukan oleh 3 orang tenaga ahli yaitu dosen Fisika FMIPA UNP serta Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru Fisika dan 36 siswa kelas XI MIPA 3 di SMA Adabiah 2 Padang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh produk berupa LKS terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika pada materi fluida dinamis. Berdasarkan analisis data produk diperoleh nilai validitas sebesar 0,85 dengan kategori sangat valid dan nilai praktikalitas guru dan siswa didapatkan masing-masing yaitu 87% dan 90,25% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, menunjukkan bahwa LKS terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika pada materi fluida dinamis layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHildayati, HildayatiUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:39
Last Modified: 30 Aug 2023 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46187

Actions (login required)

View Item View Item