Estimasi Cadangan Batubara PT. Pancaran Surya Abadi, Kecamatan Muara Badak - Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Melbaral, Andres (2023) Estimasi Cadangan Batubara PT. Pancaran Surya Abadi, Kecamatan Muara Badak - Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_ANDRES_MELBARAL_18137031_1318_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Pancaran Surya Abadi adalah perusahaan Swasta yang bergerak dalam bidang pertambangan batubara , perusahaan ini melakukan penambanganbatubara dengan metode tambang terbuka. Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No. 1827 K tahun 2018, tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Penambangan yang Baik, menyebutkan bahwa setiap perusahaan tambang wajib melaporkan rencana pengelolaan sisa cadangan yang ada di wilayahnya sebagai bagian dari konservasi , serta dengan naiknya harga batubara, perusahaan berencana memperluas daerah penambangan pada PIT utara dengan PIT limit dari SR 1:4 ke SR 1:5dengan melakukan desain PIT dan estimasi cadangan batubara. Dari desain PITdiperoleh hasil perhitungan luas area yang akan dijadikan PIT potensial kurang lebih 50 HaDengan perhitungan cadangan pada PT. Pancaran Surya Abadi menggunakan perbandingan metode Konvensional (Triangle) dengan metode Geostatistik (Ordinarykriging). Dari hasil estimasi cadangan, batubara yang berada di PT. Pancaran Surya Abadi jika dihitung dengan Metode Trianglemendapatkan nilai total cadangan sebanyak 3.719.204,50 ton sementara itujika dihitung dengan Metode Ordinarykrigingmendapatkan nilai total cadangan sebanyak4.079.375,50 . kesimpulan dari peelitian ini adalah metode perhitungan yang dianggap benar yaitu Metode Ordinarykrigingdikarenakancenderungmenghasilkan taksiran blok yang lebih merata atau kurang bervariasi dibandingkan dengan kadar yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorOctova, AdreeUNSPECIFIED
CorrectorMaiyudi, RikoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BATUBARA, PERTAMBANGAN, PERUSAHAAN TAMBANG
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:39
Last Modified: 30 Aug 2023 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46186

Actions (login required)

View Item View Item