Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Produksi Tanaman Pangan Tahun 2021 Menggunakan Analisis Cluster

Rahmatika, Fhyra Aufha (2023) Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Produksi Tanaman Pangan Tahun 2021 Menggunakan Analisis Cluster. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_FHYRA_AUFHA_RAHMATIKA_19037027_301_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu sub sektor pertanian adalah tanaman pangan, tanaman pangan merupakan segala sesuatu yang berasal dari sumber daya hayati atau air yang dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan bahan makanan maupun minuman. Jumlah produksi tanaman pangan di Provinsi Sumatera Barat mengalami penurunan setiap tahun, jika penurunan ini terus berlanjut tidak akan mampu memenuhi kosumsi masyarakat di Sumatera Barat. Oleh karena itu langkah awal yang dapat dilakukan pemerintah adalah mengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan produksi tanaman pangan tiap daerah sehingga pemerintah bisa meningkatkan kualitas pertanian di Provinsi Sumatera Barat. Analisis yang dapat digunakan untuk mengelompokkan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat adalah analisis cluster. Analisis cluster merupakan teknik pengelompokkan objek-objek berdasarkan kesamaan karakteristik yang dimilikinya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Tahun 2021. Pada penelitian ini yang menjadi variabel adalah Produksi Padi, Produksi Jagung, Produksi Kedelai, Produksi Kacang Tanah, Produksi Kacang Hijau, Produksi Ubi Kayu, dan Produksi Ubi Jalar. Objek yang digunakan pada penelitian ini yaitu 19 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat. Berdasarkan hasil dari analisis cluster metode hirarki diperoleh 3 cluster berdasarkan Indikator jumlah produksi tanaman pangan Tahun 2021. Cluster 1 terdiri dari 10 objek dengan ciri kelompok produksi tanaman pangan tidak potensial. Cluster 2 terdiri dari 8 objek dengan ciri kelompok tanaman pangan potensial. Cluster 3 terdiri dari 1 objek dengan ciri kelompok tanaman pangan sagat potensial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorSalma, AdmiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:59
Last Modified: 29 Aug 2023 07:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46179

Actions (login required)

View Item View Item