Pembuatan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik Untuk Penggunaan KIT Praktikum Fisika pada Materi Gerak Lurus.

Erpan, Alhadi (2023) Pembuatan LKS Terintegrasi Literasi Saintifik Untuk Penggunaan KIT Praktikum Fisika pada Materi Gerak Lurus. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ALHADI_ERPAN_18033122_2027_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan tuntutan kurikulum 2013 revisi yang menuntut siswa untuk dapat menguasai beberapa kemampuan diantaranya kemampuan literasi saintifik. Dari data awal yang dilakukan pada SMAN 2 Pasaman ditemukan bahwa literasi saintifik belum terlaksana dengan baik dan juga kegiatan praktikum yang belum terlaksana dengan maksimal padahal alat pada laboratorium tergolong lengkap. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar Kerja Siswa (LKS) terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika pada materi gerak lurus. Prosedur penelitian dilakukan dengan pedoman terhadap langkah-langkah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono. Tahapan pada penelitian ini yaitu : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain dan (6) uji coba produk. Validasi LKS terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika dilakukan oleh 5 orang dosen Fisika FMIPA UNP sebagai validator dan uji coba produk dilakukan terhadap 9 orang siswa dan 3 orang guru mata fisika sebagai praktisi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket validitas dan angket praktikalitas. Hasil dari penelitian ini berupa LKS Fisika terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika pada materi gerak lurus. Validasi produk dinilai dengan memperhatikan aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan dengan nilai 0,83 sedangkan kepraktisan produk dinilai dengan memperhatikan aspek kemudahan penggunaan, daya tarik, kejelasan dan manfaat dengan nilai 86%. Secara keseluruhan LKS Fisika terintegrasi literasi saintifik berada pada kategori valid dan kepraktisan yang sangat praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:58
Last Modified: 29 Aug 2023 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46177

Actions (login required)

View Item View Item