Perbandingan Metode Naive Bayes dan Regresi Logistik Biner pada Klasifikasi Penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH)

Sari, Fanni Rahma (2023) Perbandingan Metode Naive Bayes dan Regresi Logistik Biner pada Klasifikasi Penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_FANNI_RAHMA_SARI_18337043_1637_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kepadatan penduduk menjadi salah satu penyebab dari sulitnya mencapai kesetaraan ekonomi di Indonesia. Pemerintah melakukan upaya dalam mencapai kesetaraan tersebut dengan melaksanakan berbagai program bantuan sosial. Pada tahun 2007, pemerintah membentuk suatu program bantuan sosial yang diberi nama Program Keluarga Harapan (PKH). Program ini bertujuan untuk mengatasi kemiskinan dan kelaparan melalui akses terhadap pendidikan dan kesehatan. Permasalah yang sering terjadi dalam penyaluran bantuan sosial adalah penerimaan yang tidak tepat sasaran. Hal tersebut dibuktikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menemukan kesalahan penyaluran bansos dari pemerintah sehingga mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 6,9 triliun. Oleh karena itu, diperlukan metode yang dapat mengukur tingkat klasifikasi data penerima bantuan sosial dengan tepat dan akurat yaitu dengan menggunakan metode Naive Bayes dan Regresi Logistik. Kedua metode sangat tepat digunakan karena keduanya sama-sama baik dalam pengklasifikasian data yang berjumlah besar. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh langsung dari Kantor Lurah Anduring. Data yang digunakan adalah data DTKS bantuan sosial PKH tahun 2020. DTKS merupakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang digunakan pemerintah untuk menyalurkan bantuan sosial. Data dibagi menjadi data training dan data testing dengan masing-masing 80% dan 20%. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode Naive Bayes dan Regresi Logistik Biner yaitu bahwa dengan menggunakan data testing sebesar 20% diperoleh hasil akurasi dengan metode Regresi Logistik Biner sebesar 75% dan eror 25%. Sedangkan metode Naive Bayes memiliki hasil akurasi sebesar 70% dan eror 30%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa metode Regresi Logistik Biner adalah metode terbaik dalam mengukur ketepatan klasifikasi penerima bantuan sosial PKH di Kelurahan Anduring tahun 2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, FadhilahUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:33
Last Modified: 29 Aug 2023 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46175

Actions (login required)

View Item View Item