Pengaruh Pupuk Organik Cair Teknologi Nano Terhadap Pertumbuhan Bayam Hijau (Amaranthus hybridus L.) yang Dibudidayakan Secara Hidroponik

Utami, Yurico (2023) Pengaruh Pupuk Organik Cair Teknologi Nano Terhadap Pertumbuhan Bayam Hijau (Amaranthus hybridus L.) yang Dibudidayakan Secara Hidroponik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_YURICO_UTAMI_19032163_1636_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Bayam hijau (Amaranthus hybridus L.) memiliki peminat yang cukup tinggi di masyarakat. Metode penanaman hidroponik sistem wick merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan bayam hijau di masyarkat. Nutrisi yang dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan unsur hara pada tanaman hidroponik adalah dengan menggunakan AB Mix dan Pupuk Organik Cair (POC). Namun metode penanaman hidroponik memiliki kekurangan yaitu adanya pengendapan nutrisi, maka penggunaan teknologi nano merupakan inovasi pada penelitian ini dapat memecah ukuran partikel menjadi lebih kecil agar tanaman mampu menyerap unsur hara dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan dan yaitu Kontrol (Air sumur+AB Mix), P1 (Air teknologi nano+100% AB Mix), P2 (Air teknologi nano+25% POC+75% AB Mix), P3 (Air teknologi nano+50% POC+50% AB Mix), P4 (Air teknologi nano+75% POC+25% AB Mix), P5 (Air teknologi nano+100% POC). Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA) dan dilajutkan dengan uji DMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pupuk organik cair teknologi nano terhadap pertumbuhan bayam hijau (Amaranthus hybridus L.) yang dibudidayakan secara hidroponik, yaitu pada pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat basah dan berat kering tanaman. Rata-rata tanaman tertinggi adalah pada P2 dengan tinggi tanaman 29,975 cm, rata-rata jumlah daun terbanyak pada P2 dengan 34 helai daun, rata-rata luas daun tertinggi pada kontrol dengan 13,71cm2 , rata-rata berat basah tertinggi pada P1 dengan 17 gr, rata-rata berat kering tertinggi pada P2 dengan 1,3 gram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFevria, RestiUNSPECIFIED
CorrectorVauzia, VauziaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Irma LeilaniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:32
Last Modified: 29 Aug 2023 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46174

Actions (login required)

View Item View Item