Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII Materi Sistem Pencernaan Manusia SMP N 5 Padang

Wahyuni, Ega (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII Materi Sistem Pencernaan Manusia SMP N 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_EGA_WAHYUNI_19231116_811_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran di kelas VIII SMP N 5 Padang, sehingga kurangnya kreativitas peserta didik saat belajar sehingga menurunnya kemampuan kognitif peserta didik. Maka perlu diterapkannya model pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan kognitif peserta didik seperti model Project-Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project-Based Learning terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas VIII SMP/MTs pada materi sistem pencernaan pada manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi experimen dengan Non-equivalent Post Test Only Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VIII 1 dan VIII 3 sebanyak 60 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal posttest. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata presentase kemampuan kognitif peserta didik kelas eksperimen yaitu 76,4 dan rata-rata presentase kelas kontrol yaitu 55,6. Berdasarkan uji t diperoleh Thitung = 3,51 dan ttabel= 1,67 dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil perhitungan tersebut thitung lebih besar dari ttabel (thitung 4,66 > 1,67 ttabel) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Disumpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project-Based Learning terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas VIII SMP/MTs pada materi sistem pencernaan pada manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Rahmah EvitaUNSPECIFIED
CorrectorLestari, TutiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Monica PrimaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:22
Last Modified: 29 Aug 2023 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46168

Actions (login required)

View Item View Item