Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Google Sites pada Materi Suhu, Kalor, dan Pemuaian untuk Murid Kelas VII SMP/MTs

Salsabila, Diva (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Google Sites pada Materi Suhu, Kalor, dan Pemuaian untuk Murid Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_DIVA_SALSABILA_19231059_1291_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan digantinya metode menuju pembelajaran berbasis digital untuk memudahkan penyampaian materi kepada murid kelas VII. Pengamatan yang dilakukan di beberapa sekolah menengah di kota Padang menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa buku cetak tidak lagi menarik perhatian murid. Berdasarkan permasalahan tersebut, media pembelajaran digital merupakan sebuah inovasi dan solusi penunjang proses pembelajaran, salah satunya adalah website google sites. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis website google sites tentang suhu, kalor, dan pemuaian yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari dari lima tahapan yaitu Analyze (analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi) namun terbatas sampai tahap Development. Subjek penelitian 3 orang dosen Pendidikan IPA FMIPA UNP, guru IPA dan murid kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas dan angket praktikalitas. Hasil uji validitas menunjukkan rata-rata nilai momen kappa (k) sebesar 0,94 dengan kategori validitas sangat tinggi. Uji praktikalitas pada guru menunjukkan rata-rata nilai momen kappa (k) sebesar 0,95 dengan kategori kevalidan sangat tinggi dan pada murid memperoleh rata-rata nilai momen kappa (k) sebesar 0,78 dengan kategori kevalidan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis website google sites pada materi suhu, kalor, dan pemuaian valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDiliarosta, SkundaUNSPECIFIED
CorrectorYanto, FebriUNSPECIFIED
CorrectorZahra, Firda AzUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:22
Last Modified: 29 Aug 2023 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46166

Actions (login required)

View Item View Item