Perkembangan Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Dakak-dakak Ni Nun Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar tahun 2000-2019

Magfirah, Miftahul (2022) Perkembangan Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Dakak-dakak Ni Nun Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar tahun 2000-2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_MIFTAHUL_MAGFIRAH_18046096_5541_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perkembangan strategi pemasaran makanan tradisional Dakak-dakak NiNun yang berada di Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar dari tahun 2000-2019. Dalam mengembangkan usaha Dakak-dakak ini Ni Nun mempunyai beberapa strategi pemasaran disetiap tahunnya. Strategi pemasaran yang digunakan dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan dimana terlihat dari meningkatnya hasil penjualan dari tahun ke tahun. fokus kajian penilitian ini adalah bagaimana perkembangan strategi pemasaran yang digunakan Dakak-dakak Ni Nun dari tahun 2000-2019. Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif, yang mana menggunakan metode penelitian sejarah. Penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Langkah yang dilakukan dalam penelitian sejarah ini melalui 4 tahap yaitu Heuristik (Pengumpulan Data) dari informasi yang berkaitan dengan kajian penilitian, Verifikasi (Kritik Sumber) yaitu untuk pengkajian ulang atas keaslihan informasi yang didapatkan, interpretasi (Penafsiran) yaitu dengan menghubungkan fakta yang ada dan yang terakhir historiografi (Penulisan Sejarah). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dari literature seperti artikel yang relevan dengan topik penelitian dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah terdapat beberapa strategi pemasaran yang digunakan Dakak-dakak NiNun untuk mengembangkan usahanya. Pada tahun 2000-2010 strategi pemasaran yang digunakan Ni Nun adalah Door To Door yaitu dengan cara langsung menjual makanan Dakak-dakak kekonsumen. Tidak hanya itu pada tahun ini Ni Nun juga memasarkan makanan Dakak-Dakak dipasar tradisional yang ada di Nagari Simabur. Untuk mengembangkan usahanya tahun 2005-2008 Ni Nun juga meletakkan makanan Dakak-dakak diwarung terdekat. Pada tahun 2011 – 2015 strategi pemasaran yang digunakan Ni Nun yaitu sudah mengunakan teknologi yaitu pemasaran digital marketing / lewaton line marketing dengan cara menggunakan media sosial berupa face book. Pada tahun 2016-2019 masih menggunakan strategi pemasaran yang sama namun, pada tahun ini lebih fokuslagi mengunakannya pada tahun sebelumnya media sosial yang digunakan sudah semakin banyak diantaranya yaitu facebook, watshap, instagram dan you tube. Dengan menggunakan media sosial terbukti bisa meningkatkan penjualan Dakak-dakak Ni Nun .walaupun demikian NiNun juga mengalami beberapa hambatan namun, NiNun bisa mengatasih hambatan tersebut dengan berbagai cara seperti meminjam modal pada kelompok UMKM, menambah jenis makanan, tetap mempertahankan harga dan rasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNaldi, HendraUNSPECIFIED
CorrectorFatimah, SitiUNSPECIFIED
CorrectorHardi, EtmiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:38
Last Modified: 30 Aug 2023 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46164

Actions (login required)

View Item View Item