Formulasi Konsorsium Bakteri Termofilik dari Sumber Air Panas Sapan Sungai Aro Secara Bikultur dalam Produksi Enzim Xilanase

Azzahra, Shafa Thalita (2023) Formulasi Konsorsium Bakteri Termofilik dari Sumber Air Panas Sapan Sungai Aro Secara Bikultur dalam Produksi Enzim Xilanase. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_SHAFA_THALITA_AZZAHRA_19032095_1923_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Xilan merupakan polisakarida alami kedua paling melimpah di alam sehingga dibutuhkan enzim yang dapat menghidrolisis zat tersebut, yaitu enzim xilanase. Enzim xilanase digunakan dalam pengolahan sampah, menghasilkan energi terbarukan, juga menurunkan penggunaan klorin di industri kertas yang berbahaya bagi lingkungan. Xilanase diproduksi oleh mikroorganisme salah satunya bakteri termofilik. Bakteri tersebut dapat bertahan di suhu dan lingkungan yang ekstrim sehingga enzim yang dihasilkan termostabil. Hasil produksi enzim yang dihasilkan oleh konsorsium cenderung lebih tinggi daripada monokultur. Sebelum bakteri dikonsorsiumkan lebih baik dilakukan uji kompatibilitas untuk mengetahui isolat bakteri yang tidak saling mengganggu satu sama lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kompatibilitas konsorsium bakteri termofilik dari Sumber Air Panas Sapan Sungai Aro dan menentukan formulasi konsorsium bakteri termofilik bikultur yang optimum dalam produksi enzim xilanase. Penelitian bersifat deskriptif. Uji kompatibilitas bakteri menggunakan metode disk diffusion atau disebut difusi cakram merupakan cara untuk menentukan kepekaan bakteri terhadap suatu zat yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba. Pengujian aktivitas enzim menggunakan metode Miller dengan reagen DNS (Dinitrosalycilic acid). Hasil penelitian uji kompatibilitas bakteri menunjukkan semua variasi isolat bakteri bersifat kompatibel karena tidak ditemukannya zona bening. Isolat bakteri termofilik pada konsorsium secara bikultur yang optimum dalam memproduksi enzim xilanase adalah SSA4 & SSAS6 yaitu 19,89 U/ml.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:22
Last Modified: 29 Aug 2023 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46163

Actions (login required)

View Item View Item