Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu pada Pendekatan Science Environment Technology Society (SETS) Berbasis Kearifan Lokal di Kelas 7 SMP

Afrilia, Afrilia (2023) Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu pada Pendekatan Science Environment Technology Society (SETS) Berbasis Kearifan Lokal di Kelas 7 SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_AFRILIA_17231038_1862_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan belajar, berinovasi, menggunakan teknologi, dan media informasi untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Akan tetapi, terdapat beberapa kendala yang dihadapi pendidikan saat ini salah satunya yaitu kurangnya sumber belajar yang mendukung peserta didik untuk belajar secara mandiri baik di sekolah maupun di rumah. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang bisa digunakan peserta didik dengan mandiri tanpa didampingi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPA terpadu pada pendekatan science environment technology society (SETS) berbasis kearifan lokal di kelas 7 SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri atas tiga fase, yaitu fase preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase. Penelitian ini dibatasi sampai tahap small group evaluation saja. Uji validitas dilakukan dengan melibatkan tiga orang dosen pendidikan IPA FMIPA UNP dan uji praktikalitas dilakukan bersama guru IPA SMP dan peserta didik. Hasil penelitian untuk uji validitas bahan ajar menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid pada aspek kelayakan isi sebesar 0,94, aspek kebahasaan sebesar 0,94, aspek peyajian sebesar 0,93, dan aspek kegrafikaan sebesar 0,97. Hasil uji praktikalitas bersama guru dan peserta didik diperoleh nilai rata-rata sangat praktis, aspek kemudahan penggunaan 0,85, efisiensi waktu belajar 0,83, dan manfaat 0,88. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa bahan ajar IPA terpadu pada pendekatan science environment technology society (SETS) berbasis kearifan lokal di kelas 7 SMP yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan praktis, untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYurnetti, YurnettiUNSPECIFIED
CorrectorArif, KhairilUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Rahmah EvitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:55
Last Modified: 29 Aug 2023 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46162

Actions (login required)

View Item View Item