Keanekaragaman Jenis Herpetofauna di Kawasan Goa Kelelawar Kelurahan Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang Sumatera Barat

Sapitri, Reza (2023) Keanekaragaman Jenis Herpetofauna di Kawasan Goa Kelelawar Kelurahan Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_REZA_SAPITRI_19032048_2131_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sumatera sudah banyak kehilangan lahan hutan karena penebangan, kerusakan dan eksploitasi lahan. Hal ini menjadi ancaman bagi keberadaan herpetofauna yang ada di dalamnya. Perubahan suatu kawasan menjadi objek wisata juga mempegaruhi keberadaan herpetofauna, aktivitas pengunjung akan mengganggu habitat kawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis herpetofauna yang terdapat pada kawasan Goa Kelelawar, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2022-Januari 2023 di Kawasan Goa Kelelawar, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Pengumpulan data menggunakan metode transek, transek yang dipasang berjumlah 11 buah dengan panjang 50 meter, lebar kanan dan kiri masing-masing satu meter. Analisis data menggunakan indeks kekayaan jenis Margalef, keanekaragaman jenis Shannon-Wiener, kemerataan jenis dan indeks dominansi. Hasil penelitian ini ditemukan sebanyak 57 individu dengan 9 spesies yang tergolong ke dalam lima famili. Kekayaan jenis pada kawasan Goa Kelelawar tergolong rendah dengan nilai 1,9787, keanekaragaman jenis tergolong sedang dengan nilai 1,6561, kemerataan jenis tergolong sedang dengan nilai 0,4096 dan dominansi tergolong rendah dengan nilai 0,2508.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugraha, Fitra Arya DwiUNSPECIFIED
CorrectorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorAtifah, YusniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:52
Last Modified: 29 Aug 2023 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46161

Actions (login required)

View Item View Item