Analisis Variasi Genetik Padi (Oryza Sativa l.) Berdasarkan Tingkat Ketahanannya Terhadap Kekeringan Menggunakan Marka Molekuler Random Amplified Polymorphic Dna (Rapd)

Kanaya, Oliv Nurul (2023) Analisis Variasi Genetik Padi (Oryza Sativa l.) Berdasarkan Tingkat Ketahanannya Terhadap Kekeringan Menggunakan Marka Molekuler Random Amplified Polymorphic Dna (Rapd). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_OLIV_NURUL_KANAYA_2207_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil genetik dan menganalisis tingkat keragaman genetik padi berdasarkan tingkat ketahanannya terhadap kekeringan menggunakan penanda molekuler RAPD. Primer yang digunakan pada penelitian ini yaitu OPA-02, OPA-04, OPB-12, OPC-15, OPE-12, OPE-14, OPE-15, OPJ-20, OPM-09, dan OPN-15. Skoring pita DNA dilakukan menggunakan aplikasi molekuler Gel Analyzer dan secara manual. Analisis tingkat keragaman genetik menggunakan Jaccard similarity pada aplikasi PAST 4.08. Hasil dari penelitian ini didapatkan tiga kelompok padi berdasarkan tingkat ketahanannya terhadap kekeringan memiliki pola pita DNA yang monomorfik dan polimorfik. Nilai Jaccard similarity menunjukkan ketiga sampel padi memiliki nilai variasi genetik yang tinggi dan tingkat keragaman genetik yang tinggi. Berdasarkan tingkat kekerabatannya, padi varietas harum sedikit memiliki kemiripan genetik dengan varietas situbagendit yaitu dengan koefisien asosiasi sebesar 0,40, sedangkan dengan varietas rosna memiliki koefisien asosiasi sebesar 0,34. Varietas situbagendit dengan varietas rosna memiliki kemiripan genetik yang cukup dekat dengan koefisien asosiasi sebesar 0,44

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAchyar, Afifatul AchyarUNSPECIFIED
CorrectorAhda, YuniUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:00
Last Modified: 29 Aug 2023 05:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46158

Actions (login required)

View Item View Item