Pengaruh Pupuk Organik Cair Teknologi Nano terhadap Pertumbuhan Selada Merah (Lactuca Sativa l. Var. Crispa) yang Dibudidayakan Secara Hidroponik

Faradila, Nia (2023) Pengaruh Pupuk Organik Cair Teknologi Nano terhadap Pertumbuhan Selada Merah (Lactuca Sativa l. Var. Crispa) yang Dibudidayakan Secara Hidroponik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_NIA_FARADILA_19032083_1666_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Selada merah (Lactuca sativa L. var. Crispa) mengandung banyak nutrisi sehingga sangat digemari oleh masyarakat. Peningkatan permintaan selada merah tidak diimbangi dengan produksinya dikarenakan lahan yang semakin berkurang. Sistem hidroponik dapat dijadikan pilihan yang tepat karena dapat menghemat penggunaan lahan. Budidaya hidroponik khususnya sistem wick memiliki kekurangan yaitu terjadinya pengendapan nutrisi, sehingga dibutuhkan teknologi nano untuk memecah partikel pada nutrisi yang mengendap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair teknologi nano terhadap tinggi tanaman, luas daun, jumlah daun, berat basah dan berat kering selada merah yang dibudidayakan secara hidroponik. Peniltian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan dengan masing-masing perlakuan terdiri dari P1 (AB Mix 100%), P2 (AB Mix 75% + POC Nano 25%), P3 (AB Mix 50%+ POC Nano 50%), P4 (AB Mix 25% + POC Nano 75%), P5 (POC Nano 100%). Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA) dengan uji lanjut Duncan's New Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa pemberian pupuk organik cair teknologi nano terhadap pertumbuhan selada merah yang dibudidayakan secara hidroponik mempengaruhi pertumbuhan tinggi tanaman, luas daun, jumlah daun, berat basah dan berat kering. Rata-rata tanaman tertinggi yaitu pada P3 dengan tinggi tanaman 36,42 cm, rata-rata jumlah daun terbanyak yaitu pada P3 sebanyak 11,25 helai, rata-rata daun terluas yaitu pada P4 dengan luas 40,25 cm2, rata-rata berat basah tertinggi yaitu pada P4 dengan berat 17,01 dan rata-rata berat kering tertinggi yaitu pada P2 dengan berat 1,32 g.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFevria, RestiUNSPECIFIED
CorrectorVauzia, VauziaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Irna LeilaniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:50
Last Modified: 29 Aug 2023 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46156

Actions (login required)

View Item View Item