Pengaruh lama Biopriming Benih Menggunakan Pseudomonad Fluoresen Terhadap Perkecambahan Cabai Merah (Capsicum annuum L.)

Saputri, Milka (2023) Pengaruh lama Biopriming Benih Menggunakan Pseudomonad Fluoresen Terhadap Perkecambahan Cabai Merah (Capsicum annuum L.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_MILKA_SAPUTRI_19032134 _1878_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Cabai merah (Capsicum annuum L.) merupakan jenis tanaman hortikultura yang dibudidayakan secara komersial. Mutu cabai salah satunya ditentukan oleh kualitas biji dalam perbanyakan cabai merah. Untuk menghasilkan cabai yang bermutu, sangat ditentukan oleh kecambahnya. Perkecambahan biji dapat dilakukan dengan priming benih menggunakan air ataupun campuran air dan bahan lain. Biopriming adalah proses perendaman benih menggunakan mikroorganisme, salah satunya adalah pseudomonad fluoresen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama biopriming benih menggunakan pseudomonad fluoresen terhadap perkecambahan cabai merah (Capsicum annuum L.) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah perendaman benih selama 3, 6, 9 jam, dan 1 kontrol (tanpa pseudomonad fluoresen. Pseudomonad fluoresen yang digunakan pada penelitian ini adalah isolat PfCas dan Cas3. Data dianalisis menggunakan analysis of varians (ANOVA). Hasil yang berbeda nyata dilakukan Uji Lanjut DNMRT pada taraf 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan lama biopriming benih menggunakan pseudomonad fluoresen tidak berpengaruh nyata terhadap persentase daya kecambah, panjang akar, panjang batang, dan berat kering cabai merah (Capsicum annuum L.).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:50
Last Modified: 29 Aug 2023 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46155

Actions (login required)

View Item View Item