Identifikasi Bakteri Dari Tanah Yang Terpapar Pestisida Secara Biokimia Dan Kemampuannya Dalam Menghasilkan Senyawa Antimikroba

Maharani, Aura Iga (2023) Identifikasi Bakteri Dari Tanah Yang Terpapar Pestisida Secara Biokimia Dan Kemampuannya Dalam Menghasilkan Senyawa Antimikroba. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_AURA_IGA_MAHARANI_19032058_1801_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penggunaan pestisida sintetis yang berlebihan dapat berdampak negatif bagi kesehatan manusia maupun lingkungan. Tercatat sejak tahun 2012 jumlah kematian akibat keracunan pestisida sintetis telah mencapai 20.000 jiwa. Aspek-aspek lingkungan yang dipengaruhi oleh penggunaan pestisida sintetis adalah kesuburan tanah dan kandungan mikroorganisme di dalamnya. Bakteri tanah yang terpapar pestisida sintetis menunjukkan resiko meningkatnya kasus resistensi terhadap antibiotik. Disisi lain, bakteri-bakteri tanah merupakan bakteri yang potensial untuk menghasilkan senyawa aktif antimikroba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bakteri-bakteri yang diisolasi dari tanah terpapar pestisida dan kemampuannya dalam menghasilkan senyawa antimikroba serta menganalisis hubungan antara sifat resistensi dan aktivitas antimikroba dari bakteri tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang dilaksanakan dari bulan Juni 2022 sampai Januari 2023 di Laboratorium Penelitian Biologi FMIPA UNP serta Laboratorium Balai Veteriner Bukittinggi. Identifikasi bakteri dilakukan menggunakan uji biokimia. Aktivitas antimikroba diuji menggunakan metode difusi uji titik. Dari 15 isolat bakteri yang diisolasi dari tanah yang terpapar pestisida berhasil diidentifikasi dua genus bakteri (Enterobacter dan Bacillus). Hasil uji aktivitas antimikroba diperoleh 7 isolat yang memiliki aktivitas antimikroba terhadap mikroba uji. Hasil analisis menunjukkan bahwa ke 7 isolat bakteri yang memiliki aktivitas antimikroba ini juga resisten terhadap sebagian besar antibiotik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:24
Last Modified: 29 Aug 2023 04:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46154

Actions (login required)

View Item View Item