Perkembangan Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Dakak-Dakak Ni Nun Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar tahun 2000-2019

Magfirah, Miftahul (2022) Perkembangan Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Dakak-Dakak Ni Nun Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar tahun 2000-2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_MIFTAHUL_MAGFIRAH_18046096_5541_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentangper kembangan strategi pemasaran makanan tradisional Dakak-dakak NiNun yang beradadi Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten TanahDatar dari tahun 2000-2019.Dalam mengembangkan usaha Dakak-dakak ini NiNun mempunyai beberapastrategi pemasaran di setiap tahunnya. Strategi pemasaran yang digunakan dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan dimana terlihat dari meningkatnya basil penjualan dari tahun ke tahun. fokus kajian penilitian ini adalah bagaimana perkembangan strategi pemasaran yang digunakan Dakak-dakak NiNun dari tahun 2000-2019. Penelitian initermasukpadapenelitiankualitatif, yangmanamenggunakan metode penelitian sejarah. Penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Langkah yang dilakukan dalam penelitian sejarahinimelalui4tahapyaitu Heuristik (Pengumpulan Data) dariinformasi yangberkaitan dengankajianpenilitian, Verifikasi (KritikSumber)yaituuntuk pengkajian ulangataskeaslihan informasiyangdidapatkan, interpretasi (Penafsiran) yaitu dengan menghubungkan fakta yang ada dan yang terakhir historiografi (Penulisan Sejarah). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dari literature seperti artikel yang relevan dengan topik penelitiandanwawancara. Hasil penelitian ini adalah terdapat beberapa strategi pemasaran yang digunakan Dakak-dakak NiNun untuk mengembangkan usahanya. Pada tahun 2000-2010strategipemasaranyangdigunakanNiNunadalahDoorToDooryaitu dengancaralangsungmenjualmakananDakak-dakakkekonsumen.Tidakhanya itupada tahun ini Ni Nunjuga memasarkan makanan Dakak-Dakak dipasar tradisionalyangadadiNagariSimabur.Untukmengembangkan usahanyatahun 2005-2008NiNunjuga meletakkan makananDakak-dakak diwarungterdekat. Padatahun2011-2015strategipemasaran yangdigunakanNiNunyaitusudah mengunakanteknologiyaitupemasaran digitalmarketing/lewatonlinemarketing dengancaramenggunakanmediasosial berupafacebook.Padatahun2016-2019 masihmenggunakan strategipemasaran yangsamanamun,padatahuninilebih fokuslagimengunakannyapadatahunsebelumnyamediasosial yangdigunakan sudahsemakinbanyakdiantaranya yaitufacebook, watshap, instagramdanyou tube.Denganmenggunakan media sosialterbukti bisameningkatkan penjualan Dakak-dakakNiNun.walaupundemikianNiNun jugamengalamibeberapa hambatannamun,NiNunbisamengatasihambatantersebutdengan berbagaicara seperti meminjam modal pada kelompok UMKM, menambah jenis makanan, tetapmempertahankanhargadanrasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNaldi, HendraUNSPECIFIED
CorrectorFatimah, SitiUNSPECIFIED
CorrectorHardi, EtmiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:15
Last Modified: 29 Aug 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46150

Actions (login required)

View Item View Item