Pengembangan Modul Biologi Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas VIII SMP

Desti, Yanti Elfika (2023) Pengembangan Modul Biologi Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_YANTI_ELFIKA_DESTI_18177038_917_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA memerlukan bahan ajar yang terstruktur dan sistematis. Bahan ajar yang sistematis dan terstruktur contohnya adalah modul. Modul ini bisa dipadaukan dengan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Model pembelajaran yamg sesuai dengan kurikulum 2013 adalah berbasis masalah. PBL (Pembelajaran Berbasis Masalah) merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai kurikulum 2013 yaitu berbasis masalah. PBL ini mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa terutama kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan abad 21 yang dibutuhkan dalam pendidikan dan dunia kerja. Penting adanya penelitian yang berfokus dalam mengembangkan modul untuk mengatasi kebutuhan bahan ajar siswa yang mampu meningkatakan kompetensi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan modul PBL yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatakan kompetensi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Plomp. Model Plomp terdiri dari 3 tahap yaitu tahap investigasi, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Data penilaian diperoleh dari uji validitas, uji pratikalitas dan uji efektivitas. Instrument yang digunakan dalam uji validitas dan uji pratikalitas berupa lembar angket. Uji validitas diisi oleh validator dan uji pratikalitas diisi oleh guru dan peserta didik. Sementara uji efektifitas didapatkan dari test untuk aspek kognitif dan aspek kemampuan berpikir kritis. Aspek psikomotor dan afektif menggunakan lembar observasi yang diisi oleh observer. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul biologi berbasis PBL ini valid, praktis dan efektif. Validasi modul biologi oleh pakar dari aspek didaktik, konstruk dan teknis memperoleh nilai rata-rata 84,51 dengan kategori sangat valid. Penilaian pratikalitas oleh guru mendapat nilai rata-rata 88,75 dengan kategori sangat praktis dan untuk pratikalitas kelompok besar (field test) memperoleh nilai rata-rata 85,25 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukan bahwa modul sangat efektif digunakan karena terdapat perbedaan hasil kompetensi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksprimen dengan kelas control. Kelas eksprimen menggunakan modul berbasis PBL nilai klasikalnya lebih unggul dibanding kelas kontrol yang menggunakan buku paket.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, IndrawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:16
Last Modified: 29 Aug 2023 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46144

Actions (login required)

View Item View Item