Pelaksanaan Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 pada Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda, Danolah Raga Kota Bukittinggi

Alfaruqi, Ihsan Hasbi (2022) Pelaksanaan Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 pada Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda, Danolah Raga Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_IHSAN_HASBI_ALFARUQI_.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pelayanan publik pada masa pandemi Covid-19 pada Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Bukittinggi dan menganalisis faktor yang mempengaruhi pelayanan publik pada masa pandemi Covid-19 pada Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Bukittinggi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dalam menentukan informan peneliti menggunakan metode dan teknik purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi metode. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan publik pada masa pandemi Covid-19 pada Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Bukittinggi belum terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari indikator pelayanan yaitu (1) produktivitas pelayanan yang diberikan terdiri dari 9 jenis pelayanan; (2) kualitas layanan. Kualitas layanan yang dihasilkan belum bagus, sebab terdapat kesalahan penulisan nama dan gelar dalam dokumen resmi serta prosedur pelayanan yang diberikan masih berbelit-belit; (3) responsivitas, untuk responsivitas pelayanan di Kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi yang dianggap masih tergolong lamban dan belum memenuhi syarat sebab ketidakmampuan dalam memberi respon cepat terhaap kebutuhan masyarakat; (4) responsibility dibuktikan dengan tidak dipatuhinya SOP kerja yang telah dibuat dan disepakati oleh Kantor Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat. Sedangkan untuk faktor yang mempengaruhi pelayanan publik pada masa pandemi Covid-19 pada Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Bukittinggi yaitu kurangnya sumber daya manusia dan kurangnya keterampilan dan pengalaman pengawai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdnan, FachriUNSPECIFIED
CorrectorMagriasti, LinceUNSPECIFIED
CorrectorMubarak, AdilUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:15
Last Modified: 29 Aug 2023 04:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46143

Actions (login required)

View Item View Item