Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match di Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Rao Utara

Hallomoan, Hallomoan (2022) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match di Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Rao Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_HALLOMOAN_17058171_5871_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran index card match sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Rao Utara. Hasil penelitian ini akan berguna bagi guru sebagai salah satu pedoman dalam menerapkan model pembelajaran yang sederhana dan menyenangkan bagi siswa. Dengan melihat tujuan dari penelitian ini sendiri maka dapat diketahui bahwa jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah melalui lembar observasi dan angket. Kemudian data yang dihasilkan akan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif agar data yang dihasilkan dapat teruji keabsahannya. Teori yang relevan dalam penelitian ini adalah teori humanisme yang dikemukakan oleh Jhon Dewey karena berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Di dalam penelitian ini aspek yang menjadi tolak ukur motivasi belajar siswa adalah indikator motivasi belajar yaitu sebagai berikut: 1) adanya hasrat dan keinginan berhasil, 2) adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, 3) adanya harapan atau cita-cita masa depan, 4) adanya penghargaan dalam belajar, 5) adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, 6) adanya lingkungan belajar yang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sosiologi. Pada setiap indikator motivasi belajar mengalami kenaikan setelah diterapkannya model pembelajaran index card match. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Eka AsihUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:14
Last Modified: 29 Aug 2023 04:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46140

Actions (login required)

View Item View Item