Analisis Kualitas E-learning pada Pembelajaran Biologi Kelas X Menggunakan Quality Matters Rubric (QMR) Edisi Ke-5 Di SMAS Adabiah Padang

Efrizon, Sabna (2023) Analisis Kualitas E-learning pada Pembelajaran Biologi Kelas X Menggunakan Quality Matters Rubric (QMR) Edisi Ke-5 Di SMAS Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SABNA_EFRIZON_18031170_316_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

E-learning adalah suatu sistem pembelajaran berbasis elektronik. Sistem inilah yang dibutuhkan dalam pembelajaran jarak jauh. Dengan menggunakan e-learning, pembelajaran bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja, namun semua tergantung pada keperluan pendidik dan peserta didik, serta perangkat yang memadai. Kualitas e-learning sangat perlu diperhatikan, karena sejalan dengan kualitas e-learning yang baik maka tujuan dari pendidikan juga akan tercapai dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMAS Adabiah Padang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah e- learning pada pembelajaran biologi yang ada di SMA Adabiah Padang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan cara Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Quality Matters Rubric (QMR) Edisi ke-5. Data penelitian di analisiskan secara kualitatif untuk menentukan kualitas e- learning yang dengan kriteria kualitas sangat rendah. Hasil penelitian menunujukkan bahwa kualitas e-learning maka di SMA Adabiah sebesar 16% dengan kualitas sangat rendah, berdasarkan tabel interpretasi nilai tersebut sudah menunjukkan kualitas e-learning sangat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:31
Last Modified: 29 Aug 2023 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46136

Actions (login required)

View Item View Item