Pengembangan Media Booklet tentang Materi Sistem Pencernaan Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Rosi, Diani Citra (2023) Pengembangan Media Booklet tentang Materi Sistem Pencernaan Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DIANI_CITRA_ROSI_18031126_1983_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi bukan hanya hafalan materi saja, melainkan pemahaman mendalam peserta didik sehingga dibutuhkan peranan guru dalam membuat media pembelajaran yang sesuai. Media pembelajaran sebagai alat untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu pendukung agar peserta didik mudah memahami materi yang dipelajari. Salah satu media pembelajaran adalah booklet. Booklet didesain dengan menarik dan informatif agar dapat memancing rasa ingin tahu sehingga peserta didik menjadi lebih bersemangat dan termotivasi dalam memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan karakteristik materi sistem pencernaan pada manusia dan kriteria bahan ajar yang disukai peserta didik, maka peneliti melakukan penelitian pengembangan booklet sistem pencernaan pada manusia sebagai suplemen bahan ajar untuk peserta didik Kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kevalidan booklet sistem pencernaan pada manusia sebagai suplemen bahan ajar Kelas XI SMA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu 36 peserta didik Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Pekanbaru untuk dilakukan uji praktikalitas, 1 orang guru biologi sebagai validator dan uji praktikalitas, dan 2 orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP sebagai validator. Objek penelitian yaitu media booklet sebagai suplemen bahan ajar tentang materi sistem pencernaan pada manusia untuk peserta didik kelas XI SMA. Teknik analisis data penelitian yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil rata-rata nilai validasi sebesar 87,49% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas menghasilkan rata-rata nilai sebesar 93,48% dengan kriteria sangat praktis oleh guru dan 88,38% dengan kriteria sangat praktis oleh peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media booklet sebagai suplemen bahan ajar tentang materi sistem pencernaan pada manusia untuk peserta didik Kelas XI SMA yang dikembangkan sangat valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorFahrina, SuciUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:19
Last Modified: 29 Aug 2023 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46131

Actions (login required)

View Item View Item