Peran Orang Tua dalam Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Masa Belajar Tatap Muka Terbatas pada Murid Sekolah Dasar 32 Bungo Pasang: Studi Kasus Keluarga Pegawai di Perumahan Pasir Putih

Yeti, Fitri (2022) Peran Orang Tua dalam Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Masa Belajar Tatap Muka Terbatas pada Murid Sekolah Dasar 32 Bungo Pasang: Studi Kasus Keluarga Pegawai di Perumahan Pasir Putih. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_FITRI_YETI_17058079_6050_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan peran orang tua dalam pelaksanaan protokol kesehatan di masa belajar tatap muka terbatas pada masa pandemi Sekolah Dasar 32 Bungo Pasang (studi kasus keluarga pegawai di Perumahan Pasir Putih). Penelitian ini menarik dilakukan karena protokol kesehatan termasuk hal yang barn di masa Covid-19 ini apalagi pada usia anak SD yang belum mengerti apa-apa, maka dalam hal ini peran orang tua dalam hal protokol kesehatan sangat perlu di lakukan dimana pelaksanaan protokol kesehatan tidak hanya menjadi peran guru tapi peran orang tua juga sangat dibutuhkan hal ini untuk tercapainya tujuan yang diharapkan. Peneliti melihat di dalam kenyataan yang terjadi pihak sekolah dan orang tua sudah menerapkan aturan protokol kesehatan kepada anak, tetapi kenyataannya di lapangan anak masih tidak mengikuti aturan protokol kesehatan tersebut. Hal ini membuat adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang di inginkan oleh pihak sekolah dan orang tua, dalam menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Peran (Role Theory) oleh Ralph Linton yang mengatakan bahwa peranan (role) merupakan aspek dinamis kedudukan (status). Apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya maka ia menjalankan suatu peranan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus jenis studi kasus instrinsik. Teknik pemilihan informan yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan mengacu pada teknik analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya berbagai macam peran yang dilakukan orang tua terhadap anaknya dalam protokol kesehatan yaitumemberikan nasihat, orang tua sebagai motivator bagi anak, orang tua memberikan contoh yang baik kepada anak, orang tua berperan menjalin hubungan yang harmonis dengan anak, memberikan pengawasan dalam hal persiapan mental, fisik dan sosiologis anak, menanamkan kebiasaan untuk melakukan pola kebiasaan barn. Secara keseluruhan terdapat sikap orang tua yang peduli dan tidak peduli terhadap anaknya dalam pelaksanaan protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdanengsih, WirdanengsihUNSPECIFIED
CorrectorIkhwan, IkhwanUNSPECIFIED
CorrectorHasmira, Mira HastiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:19
Last Modified: 29 Aug 2023 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46130

Actions (login required)

View Item View Item