Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif dilengkapi Crossword Puzzle tentang Materi Jaringan Tumbuhan untuk Peserta Didik SMA

Azizah, Dhea (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif dilengkapi Crossword Puzzle tentang Materi Jaringan Tumbuhan untuk Peserta Didik SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DHEA_AZIZAH_18031099_1276_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kurangnya inovasi dalam media powerpoint menyebabkan minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran berkurang. Selain itu, minimnya penggunaan unsur permainan membuat peserta didik jenuh. Untuk itu dibutuhkan inovasi dalam powerpoint, salah satunya dengan penambahan unsur interaktif. Untuk menunjang pembelajaran interaktif, dibutuhkan permainan seperti crossword puzzle sebagai evaluasi dalam media. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran powerpoint interaktif dilengkapi crossword puzzle tentang materi jaringan tumbuhan untuk peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah dua orang dosen Biologi FMIPA UNP, satu orang guru Biologi SMAN 3 Payakumbuh, dan 25 orang peserta didik kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Payakumbuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, angket validitas, dan angket praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penelitian yang dilakukan telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran powerpoint interaktif dilengkapi crossword puzzle tentang materi jaringan tumbuhan untuk peserta didik SMA. Berdasarkan uji validitas didapatkan rata-rata 91,90% dengan kategori sangat valid dari aspek kelayakan isi, bahasa dan keterbacaan, dan sajian. Berdasarkan uji praktikalitas didapatkan rata-rata 85,79% oleh guru dan 87,31% oleh peserta didik dengan kategori keduanya sangat praktis dari aspek aktivitas pembelajaran, kemudahan penggunaan, dan manfaat penggunaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif dilengkapi crossword puzzle tentang materi jaringan tumbuhan yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
CorrectorFuadiyah, Sa'diatulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:18
Last Modified: 29 Aug 2023 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46127

Actions (login required)

View Item View Item