Kendala Dalam Mencapai Standar Penilaian KKM Mata Pelajaran Sosiologi Pada Masa Pandemi Di SMA Negeri 4 Kota Tanjung Pinang

Nusa, Eka Patria (2022) Kendala Dalam Mencapai Standar Penilaian KKM Mata Pelajaran Sosiologi Pada Masa Pandemi Di SMA Negeri 4 Kota Tanjung Pinang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_EKA_PATRIA_NUSA_17058105_7716_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PenelitianIni Bertujuan untuk mengetahui kendala siswa dalam mencapai KKM pada Mata Pelajaran Sosiologi SMANegeri 4 Kota Tanjung pinang Di Masa Pandemi dengan adanya kendala dalam mencapai Standar penilaian KKM guru dapat memperbaiki cara pengajaran sehingga siswa dapat lebih memahami materi pelajaran. Penelitian ini dianalisis dengan teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Talcott Parsons teori ini lebih dikenal dengan teori AGIL (Adaptation, Goal attainment, Integration, latency) Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Kualitatif dengan metode penelitian Studi Kasus. Lokasi Penelitian ini Terletak di SMANegeri 4 Kota Tanjungpinang. Teknik Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive sampling, teknik ini dalam memilih sampel yang dilakukan peneliti melalui kriteria tertentu. Jumlah informan keseluruhan berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan,wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil Penelitian ini ditemukan kendala dalam mencapai standar penilaian KKM mata pelajaran sosiologi pada masa pandemi di SMANegeri 4 Kota Tanjungpinang 1) dari Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kriteria kompleksitas pada mata pelajaran sosiogi kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tanjungpinang dapat diklasifikasikan sedang dengan nilai rata-rata 75, sedangkan kriteria daya dukungnya80 dan kriteria intakenya termasuk kategori sedang yaitu 77 (2) dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring walaupun didukung dengan adanya aplikasi pembelajaran online yang berbasis internet siswa masih memiliki beberapa kendala (3) faktor kendala dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring yang mengakibatkan siswa tidak mencapai nilaik km yang telah ditetapkan sebelumnya sepertijaringan koneksi internet tidak stabil, siswa kurang dalam kesadaran atau motivasi dalam mengikuti pembelajaran, Tugas yang diberikan tidak dikerjakan yang mengakibatkan siswa mendapatkan nilai kurang darik km yang ditetapkan yaitu77,kendala terakhir kurangnya tenaga pengajar diakibatkan salah satu pengajar sosiologi di SMA Negeri 4 Tanjungpinang Pensiun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
CorrectorFernandes, RenoUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:54
Last Modified: 29 Aug 2023 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46121

Actions (login required)

View Item View Item