Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Buku Saku pada Pembelajaran Sosiologi di SMA N 10 Kerinci

Angraini, Doli Desri (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Buku Saku pada Pembelajaran Sosiologi di SMA N 10 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_DOLI_DESRI_ANGRAINI_18058190_7671_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan yaitu hasil belajar sosiologi peserta didik di kelas XI IPS SMA N 10 Kerinci rendah. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor ekstemal yang berasal dari luar.Salah satunya model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi.Hal ini dapat diperbaiki dengan cara menerapkan model pembelajaran discoveri learning berbantuan buku saku dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam melakukan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan memperbaiki permasalahan yang ada dikelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas XI IPS SMAN 10 Kerinci dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan buku saku. Hasil penelitian tentang hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sosiologi. Persentase nilai ketuntasan klasikal pada pra siklus yang dilakukan 12% pada siklusI ketuntasan klasikal (PreTest) yang tuntas berjumlah 7 orang dengan persentase 28%. Siswa yang tidak tuntas 18 orang atau dengan Persentase 72%. Dengan nilai rata-rata 63,2% Jadi ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada tes awal (PreTest) adalah 28%.pada siklus II (Post Test). Siswa yang tuntas 22 orang atau dengan persentase 88% dan siswa yang tidak tuntas 3 12 orang atau dengan persentase 12% dengan nilai rata-rata kelas 84,4% %. Jadi ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II (Post Test II) adalah 88%. Berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan buku saku. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat dengan signitifan, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran agar menarik perhatian siswa selama pembelajaran berlangsung ,menarik karena melakukan pembelajaran dengan menggunakan buku saku yang berukuran kecil sehingga siswa aktif dan ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
CorrectorNora, DesriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:20
Last Modified: 29 Aug 2023 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46117

Actions (login required)

View Item View Item