Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Mobile Virtual Reality pada Mata Pelajaran Keteknikan.

Dwiansyah, Aditya (2023) Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Mobile Virtual Reality pada Mata Pelajaran Keteknikan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_5_ADITYA_DWIANSYAH_17065001_4605_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peranan teknologi dalam aspek pendidikan berkembang cepat, teknologi menjadi kebutuhan primer di era pandemi saat ini. Kegiatan belajarmengajar yang semula bersifat tatap muka beralih ke pembelajaran jarak jauh. Kemajuan suatu lembaga pendidikan salah satunya ditinjau dari pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sesuai kebutuhan dan memanfaatkannya dengan optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi mobile virtual reality pada mata pelajaran DLE kelas sepuluh (X) SMK, (2) mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas media pembelajaran interaktif berbasis teknologi mobile virtual reality pada mata pelajaran DLE kelas sepuluh (X) SMK. Metode pembuatan produk mengadopsi model pengembangan sistem waterfall. Ada empat tahapan yang dilakukan dalam menggunakan model pengembangan ini yaitu melakukan analisis, desain, coding, dan pengujian. Hasil penilaian validasi materi menurut para ahli materi mendapatkan persentase nilai sebesar 97,8% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian validasi media menurut ahli media mendapatkan persentase nilai sebesar 97,3% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas oleh siswa mendapatkan persentase nilai sebesar 95% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJaya, PutraUNSPECIFIED
CorrectorFajri, Bayu RamadhaniUNSPECIFIED
CorrectorThamrin, ThamrinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, VIRTUAL REALITY, ELEKTRONIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:43
Last Modified: 29 Aug 2023 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46111

Actions (login required)

View Item View Item