Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Koto Dua Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh

Sufah, Nabila (2022) Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Koto Dua Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_NABILA_SUFAH_17052153_6711_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan BUMDesa dalam meningkatkan kesej ahteraan masyarakat di Desa Koto Dua Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh, dan menganalisis hambatan yang dihadapi dalam strategi pengembangan BUMDesa Karya Mandiri Desa Koto Dua. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Kepala Desa Koto Dua, ketua BPD Desa Koto Dua, Badan Pengawas BUMDesa Karya Mandiri, pengurus/pengelola BUMDesa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan Badan UsahaMilik Desa (BUMDesa) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Koto Dua Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh meliputi pertama Strategi organisasi yaitu perumusan visi dan misi melibatkan stakeholder dan program yang dijalankan telah sesuai dengan visi dan misi BUMDesa Karya Mandiri. Kedua strategi pendukung sumber daya telah dijalankan baik, tetapi belum maksimal. Ketiga Strategi program telah dijalankan dengan baik dilihat dari program BUMDesa Karya Mandiri berdampak positif bagi BUMDesa Karya Mandiri dan bagi masyarakat Desa Koto Dua. Hambatan yang dihadapi dalam strategi pengembangan meliputi ; ( 1) strategi organisasi, adanya hambatan internal dan ekstemal (2) strategi pendukung sumber daya, kurangnya anggaran dalam menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan, sulitnya mendapatkan izin dalam memakai lahan, kurangnya transparansi antar pengurus BUMDesa kurangnya respon dari pemerintah desa mengenai pengadaan sarana dan prasarana BUMDesa Karya Mandiri. (3) strategi program yaitu kurangnya antusias masyarakat untuk mengikuti sosialisasi tentang program BUM Desa. Jadi, strategi pengembangan BUMDesa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Koto Dua belum seutuhnya dilakukan dengan optimal karena terdapat hambatan yang dalam pelaksanaan strategi pengembangan BUMDesa Karya Mandiri Desa Koto Dua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHasrul, HasrulUNSPECIFIED
Correctorsuryanef, suryanefUNSPECIFIED
CorrectorMuchtar, HenriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:42
Last Modified: 29 Aug 2023 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46110

Actions (login required)

View Item View Item